Selasa, 12 April 2016

SENJATA TERBAIK DUNIA YANG DI MILIKI INDONESIA


senjata merupakan pertahanan dari negri ini, kita mesti bangga dengan senjata yang dimiliki indonesia karna senjata yang dimiliki indonesia tidak kalah canggih dengan negara2 maju di dunia.
kali ini saya ingin mengenalkan senjata terbaik dunia yang dimiliki prajurit-prajurit tentara dan bhayangkara bangsa kita


    1. SS1.


















SS1.Di gunakan oleh TNI dan POLRI Senapan serbu ini merupakan produk dalam negeri yang dibuat oleh PT. Pindad berdasarkan lisensi dari Fabrique Nationale Herstal, Belgia. Senjata asli buatan FN Herstal yang lisensinya dibeli PT. Pindad adalah FNC kaliber 5,56 mm.SS1 disesuaikan dengan ergonomi dan postur Anggota Indonesia. Ada beberapa varian SS1 yaitu:
1. SS1-V1 : Panjang laras standar dengan popor lipat.
2. SS1-V2 : Laras lebih pendek dengan popor lipat
3. SS1-V3 : Laras standar dengan popor tetap.
4. SS1-V4 : Seperti V1 tetapi dengan tambahan teleskop.
5. SS1-V5 : Laras sangat pendek (karabin)
6. SS1-R5 : Untuk pasukan Batalyon Raider
7. Sabhara : SS1 untuk kepolisian, menggunakan amunisi 7,62 X 45 mm



2. M16



 





M16 masuk kedalam ABRI pada sekitar tahun 1970an ketika kerjasama militer dan politik antara Indonesia dengan Amerika Serikat sedang mesra-mesranya mengingat waktu itu Orde Baru menjadikan Komunisme sebagai momok bagi bangsa dan AS juga sedang memperluas pengaruhnya dalam membendung Komunisme. Pada waktu itu terjadi penggantian besar-besaran senjata personal terutama di angkatan darat. Ada 100 batalyon yang mendapatkan senjata M16 sebagai pengganti senjata buatan Sovyet seprti Ak47. Saat ini M16 masih digunakan oleh TNI baik dalam latihan maupun sebagai senjata bagi pasukan teritorial seperti di Kodim dan Koramil. SS1 merupakan senapan serbu generasi kedua dari PT. Pindad. SS2 dibuat dengan reverse engineering dari senapan SS1/FNC, M16 dan Ak 47. SS2 digadang-gadang akan menggantikan SS1 sebagai senapan serbu utama bagi TNI/POLRI. Pada tahun 2006 Indosia sudah memesan sebanyak 10.000 pucuk SS2 dari PT. Pindad. Saat ini SS2 sudah dipakai oleh pasukan elit TNI/POLRI seperti pelopor brimob, Kopassus, Paskhas dan Marinir.



3. AK47










AK47 merupakan senjata "peninggalan" Orde Lama. Pada masa itu Ak47 merupakan senjata yang banyak digunakan satuan-satuan TNI/POLRI baik itu korps brimob polri, polisi perairan, KKO (marinir), RPKAD, dan pasukan Cakrabirawa. Saat ini AK47 digunakan secara terbatas di satuan-satuan TNI/POLRI sebagai senjata latihan dan untuk misi-misi khusus.Latihan Dopper (merayap sambil ditembaki) TNI/POLRI menggunakan senjata AK47 dengan alasan peluru kaliber 7,62 mm tidak akan pecah atau mental saat mengenai tanah. AK47 juga masih digunakan oleh Polairud.



4. STEYR AUG
 












AUG merupakan singkatan dari Armee Universal Gewehr atau dalam bahasa Inggrisnya Army Universal Gun. Senjata buatan Steyr ini mudah dikenali karena sosoknya yang futuristik. Senjata ini menganut sistem Bullpup atau magasin berada di belakang pistol grip dan mekanisme senjata berada di dalam popor yang memungkinkan senjata bisa dibuat lebih pendek tanpa mengorbankan panjang laras. Di Indonesia AUG sering disebut sebagai Steyr digunakan terutama oleh Gegana Polri.




5. GALIL








Senapan serbu Galil buatan Israel dipakai oleh Peleton Intai Tempur (Tontaipur) Kostrad. Varian Galil yang dipakai adalah Galil MAR atau biasa disebut Micro Galil. selain itu pelopor (brimob polri) juga memiliki senjata ini.


6.AKA 101









AK101 adalah keturunan dari AK47 yang melegenda. AK101 sebenarnya lebih dekat ke AK74 daripada AK47. AK101 bisa dibilang versi ekspor dari AK74 karena memakai kaliber NATo yaitu 5,56 x 45 mm, berbeda dengan AK74 yang memakai kaliber 5,45 x 39 mm. AK101 di Indonesia digunakan oleh Brimob Polri

7. M4
Senjata yang identik dengan pasukan elit Amerika ini pada dasarnya adalah M16 dengan laras pendek (karabin) dan popor model teleskopik. Di Indonesia M4 hanya dipakai oleh Densus 88 Polri.

8. G36


G36 merupakan senapan serbu buatan Heckler & Koch Jerman. Di Indonesia senjata ini digunakan dalam jumlah kecil oleh Kopassus dan Denjaka.


9. VZ58








Sa VZ58 merupakan copy dari AK47 yang dibuat Republik Ceko. Sa Vz58 digunakan oleh awak KRI (Kapal Republik Indonesia)
 

0 komentar:

Posting Komentar